Cara Membuat Screen Sablon Kaos Manual

Nomongin soal Sablon, hmmmm pasti seru banget deh kalo bisa sablon kaos manual sendiri, karena bisa nuangin semua ide yang ada ke dalam kaos, misal nama foto pribadi dan lain-lain tanpa perlu keluar biaya banyak dan nunggu lama kalo di sablonin orang lain. Apa sih maksudnya sablon kaos manual? Yang biasa disebut sablon kaos manual adalah cara sablon yang dilakukan tanpa bantuan mesin alias masih menggunakan alat sederhana seperti Meja sablon, screen, rakel, dan bahan-bahan lainnya.

Yuk kita mulai aja persiapan untuk sablon kaos manual
Kita siapkan dulu alat dan bahan yang kita butuhkan antara lain, screen, rakel, kaca seukuran screen yang kita gunakan, busa spons seukuran screen juga dan emulsion yang digunakan yaitu potoxol ts


Langkah pertama bersihkan screen terlebih dahulu agar terbebas dari debu dan minyak karena bisa menggangu hasil afdruk,

Setelah screen dibersihkan campuskan Potoxol TS dengan takaran 10 berbanding 1, sepuluh untuk botol besal yang ditantdai nomor 2 pada gambar dan satu untuk botol kecil ditandai dengan nomor satu pada gambar, langkah ini harus dilakukan di ruangan gelap.

setelah Potoxol tercampur, tumpahkanlah cairan tesebut pada screen kemudian ratakan dengan menggunakan rakel hingga semua permukaan tertutupi dengan rata.

Setelah langkah ketiga selesai keringkan screen dengan hairdryer hingga semua permukaan yang diberi cairan emulsion benar benar kering. perlu diingat langkah 2,3,4 harus dilakukan diruangan yang gelap, tidak terkena cahaya secara langsung.

Setelah itu siapkan pola atau gambar yang akan kita sablon, gambar ini sudah kita siapkan pada kertas kalkir atau bisa di print pada kertas HVS biasa kemudian di usapkan minyak goreng agar kertas terlihat sedikit transparan.

Jika sudah letakkan gambar tersebut diatas screen kemudian letakkan kaca diatas screen dan dibawahnya sangga dengan busa spons yang telah disiapkan. setelah semuanya siap bawa keluar dan jemur pada sinar matahari secara langsung cukup hanya 6 detik jika sinar matahari cukup terik, apa bila keadaan sinar matahari kurang terik, jemur screen kira2 10 sampai 15 detik.

Selanjutnya lepaskan screen dari kaca dan busa spons, maka discreen akan tercetak pola seperti yang ada di kertas, jika sudah cuci dan bersihkan screen.

innestudio

Screen siap digunakan.