Dunia fashion di indonesia semakin menunjukan taringnnya, perkembangan fashion di indonesia sangat bagus dari tahun ketehun khususnya bagi produk produk distro indonesia, melihat perkembangan itu anak muda juga semakin banyak yang tertarik untuk terjun di dunia fashion. dunia fashion tidak terlepas dari design atau sablon kaos, sebelum terjun kedunia clothing atau distro ada baiknya sobat mengenal terlebih dahulu apa itu sablon kaos, bagai mana teknik mensablon kaos, mengenal mesin mesin sablon kaos, mengetahui bagaimana teknik mensablon kaos manual dan sablon kaos digital dan masih banyak lagi yang perlu di bahas dalam dunia sablon menyablon ini :D.

Yang pertamakali harus diperhatikan saat mau menerjuni dunia sablon kaos atau dunia konveksi salah satunya adalah design dan sablon.

Sablon kaos ini sangat luas mulai dari teknik dan jenis sablon pun sangat bervariasi. Umumnnya tinta yang digunakan untuk distro ada 4 macam yang juga masih saya gunakan hingga saat ini yaitu tinta Pasde (Begitu tukang sablon saya menyebutnya) tinta ini berkarakter mirip dengan SuperWhite namun lebih meresap kedalam kain, Rubber, Plastisol dan TC atau True Color.

Untuk teknik sablon ada beberapa macam yang paling banyak beredar di masyarakat yaitu Sablon kaos manual yang masih menggunakan screen dan rakel serta meja sablon, dan DTG atau sablon kaos digital yang hanya tinggal print dan selsay sangat praktis dan cepat. Untuk produksi kaos distro saya rasa yang menggunakan sablon kaos digital sangat jarang karena hasilnya yang masih dirasa kurang dalam segi kenyamanan dan keawetannya.
Sampai saat ini sablon kaos manual masih kuat dalam produksi untuk kaos distro karena kualitasnya yang baik dan tahan lama.

Dalam tulisan mengenal dan belajar cara sablon kaos bagian 1 ini akan lebih banyak membahas tentang sablon kaos manual karena artikel ini akan mengarah ke teknik menyablon kaos distro yang juga masih banyak menggunakan sistem sablon manual.

Sablon kaos bagian 2 membahas tentang teknik dasar sablon dan cara membuat desain sablon yang baik bisa di baca disini.

Demikian dulu pengenalan tentang sablon kaos dari saya terimakasih semoga bermanfaat :D


2 comments:

  1. Gan kalo peralatan sablon di jogja belinya di daerah mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau nama jalannya gan tapi saya biasa beli di Wijaya sablon yang kalo lewat progo ko utara trus bangjo pertama belok kanan nanti sekitar 800m ada toko wijaya gan.

      Delete

innestudio.com. Powered by Blogger.

Anda suka dengan artikel ini?

Manfaatkan HP android kamu untuk dapat duit Caranya hanya dengan menginstall aplikasi dan bermain game Untuk lebih jelasnya silahkan klik disini http://innestudio.blogspot.com/2015/02/cara-mudah-dapat-duit-dari-android.html

×
Tempat berbagi tips dan info terbaru